Rilisan Terbaru

Kolektif Videoge

merupakan ruang mandiri yang mengutamakan praktik kolektif dan laboratorium kreativitas dalam produksi pengetahuan; penciptaan karya, pagelaran dan kewirausahaan bersama.

Email
kolektifvideoge@gmail.com

Alamat
Jalan Soekarno Hatta
Tanjung Laiba, Kampung Tengah
Labuan Bajo, Manggarai Barat
Flores, Nusa Tenggara Timur
Indonesia 86763

Ikuti Sosial Media & Subscribe

Maigezine

  /  Travel   /  Temu Keluarga Ceria di Pesiar Yang Kelima

Temu Keluarga Ceria di Pesiar Yang Kelima

Pesiar #5 menjadi edisi spesial yang digelar pada 25 Oktober 2020 dengan aktivitas Berkemah, Santai di Pantai, Sunset Time, Familiy Night, Dapur Bersama, Live Music, Games, dan Goyang Kiri-Kanan Manise.

Foto Pesiar #3 oleh NM Bondan, diolah oleh Aden Firman.

Pesiar yang kelima dibuka namun kembali dirayakan di Pulau Sture bertema “keluarga”, setelah tidak dapat digelar di Pantai Klumpang. Tertuda selama dua pekan.

Tema Satu Hari Satu Pulau sepertinya masih tetap menjadi tema yang digemari sejak Juli 2019 itu dijalankan. Ingin coba dilebarkan juga lokasinya agar tak hanya terpatok pada pulau-pulau saja, tetapi dapat lebih terbuka untuk mengeksplorasi keelokan dan sesuatu yang mungkin penting di lokasi pelesiran yang lain. Selain mungkin juga dapat dilakukan di pantai terdekat dalam kota atau daratan Pulau Flores yang memungkinkan dapat kita agendakan, selain sebagai lokasi piknik yang menggembirakan juga barangkali sebagai penelusuran pengetahuan di sana. Semacam ‘wisata pengetahuan’. Itu justru belum juga kesampaian.

Untungnya Pesiar kelima dapat terwujud sekali lagi dengan nuansa tamsya keluarga. Piknik khusus keluarga sebetulnya tidak menjadi ide yang baru bagi Pesiar. Proyeksi semacam itu dapat diupayakan dalam bentuk pilihan paket berpiknik. Untungnya itu dapat terjadi setelah Yayat Afrizhal menyampaikan kepada Tim Pesiar minatnya untuk membawa beberapa rombongan keluarganya dalam kegiatan pelesiran khusus ini. Apalagi Pulau Sture sejak lama sudah menjadi lokasi piknik bagi rombongan keluarga di momen hari raya seperti lebaran. (Baca: Katalog Pesiar #2)

Keseruan di Pesiar #5: Temu Keluarga Ceria. (Foto: Tim Pesiar)

“Untuk perjalanan dengan perahu wisata dalam sehari, tidak semua tempat wisata kita bisa kunjungi. Saya kepikiran untuk pakai Pesiar, biar intim saja.” Aku Yayat ketika menyampaikan maksudnya untuk memaksimalkan waktu bersantai yang pendek bersama keluarganya sekira sebulan sebelum rencana itu ingin dilakukannya.

Rombongan keluarga ini datang dari Sulawesi untuk acara pernihakan adik kandungnya. Sebelum pulang kampung, keluarganya diajak berpiknik secara khusus dengan harapan dapat mewujudkan keintiman dalam permintaan konsep kepada Pesiar.

Sebagaimana biasa, Pesiar memasang barisan posisi tenda membentuk cekung, agar mendapatkan area berkemah di dalamnya. Dimanfaatkan untuk duduk bersama dan menyalakan api unggun di malam harinya dengan di latari tenda yang berjejer itu. Agar posisi tenda berhadapan dengan pantai demi mendapatkan pandangan kita ke laut dan mendengarkan bunyi ombak yang berkali-kali menghempas bibir pantai beserta hembus angin laut yang sepoi-sepoi.

Jika langit cerah, kita akan menyaksikan keindahan planet-planet dan bulan purnama yang diprediksi terjadi lebih sering di Bulan Oktober 2020. Begitu juga ketika hari cerah, sembari dapat membuat kita santai menikmati matahari tenggelam di area kemah ini sambil menyeruput kopi yang kita panaskan sendiri di sana.

Pesiar memang membuat program pelesiran ini dapat santai seperti rumah sendiri. Maksudnya peserta #RombonganPiknik dapat melakukan banyak hal. Dari menggunakan Dapur Bersama ketika ingin memasak makanan cepat saji, menyeduh kopi, memainkan gitar dan bernyanyi bersama, berbagi cerita, membuka games ‘Buatan Tangan’ sendiri, senam Tabelo atau goyang Kiri Kanan Manise, memancing ikan sampai menangkap momen di sana dalam aktivitas rekam fotografi, video, sektsa, dan tulisan seperti ini.

Kami menerima juga kiriman karya-karya itu untuk dikemas dalam katalog digital–yang memungkinkan juga dapat dicetak fisik jika biaya produksi mencukupi. Seperti yang dilakukan Galang Anugerah Pratama yang mengirim gambar ilustrasinya kemudian Tim Pesiar olah menjadi ePoster “Santuy di Pantai Klumpang” yang sempat rilis namun tertunda dan tidak dapat digelar di sana karena kendala biasa dalam penempatan jadwal.

eFlyer Pesiar yang tertunda (Olah Gambar: Aden Firman) dan Kiriman Ilustrasi Galang Anugerah Pratama.

Jika kamu ingin memesan sesuatu ke dalam aktivitas Pesiar: Satu hari Satu Pulau, silakan mengirimnya lewat dirrect message di Instagram @pesiarlagi atau via surat elektronik: kolektifvideoge@gmail.com.

Bentuk karya boleh beragam, dari permintaan tema, sumbangan karya foto, video, sketsa, ilustrasi, tulisan atau karya apa saja bertema wisata alam, budaya atau karya terbarukan yang berkembang saat ini. Anda boleh mengirimnya sekarang dan kapanpun dan akan dimuat dalam bentuk katalog ataupun tampil di webzine Maigezine.Net ini. Sebagaimana permintaan yang diterima Tim Pesiar kali ini, Pesiar: Temu Keluarga Ceria!

Salam rombongan piknik.

About The Author

Belajar dan bekerja dengan audio-video, grafikawan dan tata letak buku, mengerjakan musik di Bunyi Waktu Luang, Justplay Project dan bersambang juga di kolektif Videoge - Maigezine.

Post a Comment

You don't have permission to register
%d blogger menyukai ini: